Sabtu, 16 Februari 2013

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM



A.           STRUKTUR KURIKULUM
Struktur dan muatan KTSP pada jenjang Pendidikan Dasar dan Manajemen yang tertuang dalam standar isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran, sebagai berikut :

Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan

1. Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran Agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika,budi pekerti,atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status,hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotism bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia,kemajemukan bangsa,pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

4. Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

5. Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kedaran hidup sehat.

Adapun pengelompokan mata pelajaran selengkapnya sebagi berikut :
1.   Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia meliputi Pendidikan Agama
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian meliputi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
3.  Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ketrampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
4.    Kelompok mata pelajaran estetika meliputi Seni Budaya dan Bahasa Jawa
5.    Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan meliputi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjas Orkes).


Struktur Kurikulum SMP PGRI 1 Buayan :

Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu

VII
VIII
IX

A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
2
2
2

2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2

3. Bahasa Indonesia
5**)
5**)
5**)

4. Bahasa Inggris
5**)
5**)
5**)

5. Matematika
5**)
5**)
5**)

6. Ilmu Pengetahuan Alam
5**)
5**)
5**)

7. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4

8. Seni Budaya
2
2
2

9. Pendidikan Jasmani,Olah raga dan  Kesehatan
2
2
2

10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2

B. Muatan Lokal
Bahasa Jawa
2
2
2

C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)

Jumlah
36
36
36

Keterangan :
2*)      Ekuivalen 2 jam pembelajaran
5**)    Tambahan 1 jam dari 4 menjadi 5
Penambahan masing-masing satu jam pelajaran untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta dua  jam pelajaran untuk matematika digunakan untuk memberi kesempatan pemahaman lebih dalam terhadap materi yang ada, bukan untuk menambah materi baru.

B.   MUATAN KURIKULUM

1.    Muatan Pelajaran
a.     Pendidikan Agama
Meliputi :
Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha mengingat kondisi sosial masyarakat di lingkungan sekitar sekolah.
Tujuan : Memberikan wawasan luas terhadap keberagaman agama islam
di Indonesia.
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sesuai agamanya.
b.     Kewarganegaraan dan Kepribadian
Tujuan :
Memberikan pemahaman terhadap siswa tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dan pentingnya penanaman rasa persatuan dan kesatuan.
c.     Bahasa Indonesia
Tujuan :
Membina keterampilan berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terhadap IPTEK
d.     Bahasa Inggris
Tujuan :
Membina keterampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi perkembangan IPTEK dan menyongsong era globalisasi.
e.     Matematika
Tujuan :
Memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK.
f.      Ilmu Pengetahuan Alam
Meliputi : Fisika, Biologi dan Kimia
Tujuan :
Memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada siswa untuk menguasai dasar – dasar sains dalam rangka penguasaan IPTEK.
g.     Ilmu Pengetahuan Sosial
Meliputi : Sejarah, Ekonomi, dan Geografi.
Tujuan :
Memberikan pengetahuan sosial kultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki ketrampilan hidup secara mandiri.
h.     Seni Budaya
Meliputi : Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, Seni Teater.
Tujuan : Mengembangkan apresiasi seni, daya kreasi dan kecintaan 
pada seni budaya nasional
i.       Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan :
Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan ketrampilan dalam bidang olahraga, menanamkan rasa sportifitas, tanggung jawab disiplin dan percaya diri pada siswa.
j.      Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
Meliputi : Elektronika, Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Tujuan:
Memberikan ketrampilan di bidang Teknologi Informatika dan keterampilan Elektronika yang sesuai dengan bakat dan minat siswa
2.    Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan/atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri.
Berdasarkan SK Gubernur Jawa Tengah Nomor 895.5/01/2005 tanggal 23 Februari 2005 Tentang Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Jawa Tahun 2004 untuk jenjang pendidikan SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs dan SMA/SMALB/SMK/MA Negeri dan Swasta sebagai Mulok Wajib di Provinsi Jawa Tengah adalah Bahasa Jawa Sekolah diberi keleluasaan untuk menambah mulok lain selama tidak melebihi beban belajar maksimal.
Muatan Lokal : Bahasa Jawa.
Tujuan :
Untuk mengembangkan kompetensi berbahasa jawa, melestarikan bahasa jawa serta sebagai upaya mempertahankan nilai – nilai budaya Jawa Tengah.

3.    Kegiatan Pengembangan diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada pserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
a.    Kegiatan Pelayanan Konseling
Melayani :
1)    Masalah kesulitan belajar siswa
2)    Pengembangan karir siswa
3)    Pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi
4)    Masalah dalam kehidupan social siswa
b.    Kepramukaan
1)    Sebagai wahana siswa untuk berlatih berorganisasi
2)    Melatih siswa untuk trampil dan mandiri
3)    Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
4)    Memiliki jadwal sosial dan peduli kepada orang lain
5)    Memiliki sikap kerjasama kelompok
6)    Dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat
c.    Olah Raga Prestasi
Tujuan :
Memfasilitasi dan membimbing siswa yang berbakat olaraga terutama sepak bola, bola volley, tenis meja serta bulu tangkis agar dapat berkembang dan memiliki prestasi yang diharapkan.
d.      Bimbingan Belajar
Tujuan:
Membekali siswa kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional agar memiliki kemampuan memahami dan menyelesaikan soal-soal ujian secara tepat, cepat dan mandiri.
e.     Upacara Bendera
Dilaksanakan setiap hari Senin jam pertama dan pada hari besar Nasional.
Tujuan :
Menanamkan kedisiplinan, ketertiban dan rasa cinta bangsa dan tanah air.
f.      Senam Kesegaran Jasmani
Dilaksankan pada tiap hari Sabtu jam pertama.
Tujuan :
Membantu perkembangan jasmani siswa, memelihara dan kesehatan siswa.
g.     Kegiatan Keagamaan
Tujuan :
Meningkatkan Iman, Ilmu, Amal dan Akhlak.
a)    Shalat Dhuhur berjama’ah
b)    Gerakan Amal Shaleh Siswa (GASS)
c)    Pengajian Kelas (secara bergilir)
d)    Memperingati hari-hari besar Agama Islam
e)    Mengadakan Pesantren Ramadhan
f)     Tadarus Surat Yassin setiap hari Jum’at pagi.
h.     Seni Drumband
Tujuan :
Mengembangkan apresiasi dan daya kreasi seni.
Mekanisme Pelaksanaan :
a)    Kegiatan Pengembangan diri diberikan di luar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dibina oleh guru guru yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan Kepala Sekolah.
b)    Jadwal Kegiatan :

No
Nama Kegaiatan
Hari
Keterangan

1.
Pelayanan Konseling
Sabtu(jam terakhir)
Kelas VII, VIII, IX

2.
Kepramukaan
Sabtu Siang
Kelas VII

3.
Olahraga Prestasi
Selasa dan Kamis Siang
Kelas VIII,IX

4.
Bimbingan Belajar
Senin,Rabu,Sabtu siang
Kelas IX

5.
Drumband
Sabtu siang
Kelas VII dan Kelas VIII
c)    Alokasi Waktu
Untuk kelas 7 dan kelas 8 diberikan 2 jam pelajaran (equiv. 2x40 menit)
Untuk kelas 9 diberi kegiatan Bimbingan Belajar secara intensif untuk persiapan UN.
d)    Penilaiaan :
Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk kualitatif :

Kategori
Keterangan

A
Sangat Baik

B
Baik

C
Cukup

D
Kurang
                                      *) 2 jam pelajaran untuk pengembangan diri dilaksanakan diluar jam tatap muka (ekstrakurikuler pada hari Sabtu)

4.    Pengaturan Beban Mengajar
Beban belajar menggunakan sistim paket dengan beban belajar maksimal 38 jam pelajaran per minggu. Satu jam pelajaran 40 menit, dengan rincian sebagai berikut :

Kelas
Satu jam pembelajaran tatap muka/menit
Jumlah jam pembelajaran per Minggu
Minggu efektif Per Tahun Ajaran
Waktu pembelajaran/jam per Tahun

VII
40
36
35
1260

VIII
40
36
35
1260

IX
40
36
35
1225

5.    Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran ditentukan oleh kelompok guru mata pelajaran dengan mempertimbangkan materi kompleksitas, intake siswa, dan daya dukung dalam penyelenggaraan pembelajaran.
Berdasarkan pertimbangan tersebut ditentukan ketuntasan belajar untuk setiap mata pelajaran sebagai berikut :

  1. REKAP KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SMP PGRI 1 BUAYAN

No.
Mata Pelajaran
KKM

1.
Pendidikan Agama
7,5

2.
Pendidikan Kewarganegaraan
7,5

3.
Bahasa Indonesia
7,2

4.
Bahasa Inggris
7,0

5.
Matematika
7,0

6.
Ilmu Pengetahuan Alam
7,0

7.
Ilmu Pengetahuan Sosial
7,5

8.
Seni Budaya
8,0

9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
7,8

10.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
7,5

11.
Bahasa Jawa
7,5
Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar seperti tersebut di atas, wajib mengikuti program perbaikan (remedial teaching) sampai mencapai ketuntasan belajar yang diisyaratkan. Bagi siswa yang telah mencapai di atas ketuntasan belajar dapat diberikan program pengayaan.

6.  Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksankan pada setiap akhir tahun. Kriteria kenaikan kelas diatur sebagai berikut.
a.     Siswa dinyatakan naik kelas bila telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
b.     Siswa dinyatakan naik kelas bila tidak memiliki nilai di bawah KKM lebih dari 3 mata pelajaran.
c.     Memiliki nilai minimal B (baik) untuk aspek kepribadian, kelakuan dan kerajianan pada semester yang diikuti.
d.   Nilai pelanggaran selama satu tahun pelajaran belum mencapai 75.

7. Kriteria Kelulusan
Kelulusan dilaksankan pada akhir tahun pelajaran untuk kelas IX. Seorang peserta didik dinyatakan lulus jika :
a.    Telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b.    Memperoleh nilai minimal baik pada penilaiaan akhir untuk seluruh kelompok mata pelajaran.
1)    Agama dan Akhlak Mulia
2)    Kewarganegaraan dan Kepribadian
3)    Estetika
4)    Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
c.    Lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan ketentuan nilai minimal sama dengan nilai SKBM
d.    Nilai rata-rata seluruh mata pelajaran yang diujikan minimal 6,0
e.    Lulus Ujian Nasional
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Materi belajar TIK: