A.
STRUKTUR KURIKULUM
Struktur dan muatan KTSP pada jenjang Pendidikan Dasar dan Manajemen yang
tertuang dalam standar isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran, sebagai
berikut :
Kelompok Mata
Pelajaran
|
Cakupan
|
|
1. Agama dan Akhlak Mulia
|
Kelompok mata pelajaran Agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk
peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika,budi pekerti,atau
moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
|
|
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
|
Kelompok mata pelajaran kewarganegraan dan kepribadian dimaksudkan
untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status,hak, dan
kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara, serta
peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotism
bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia,kemajemukan bangsa,pelestarian
lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial,
ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan
nepotisme.
|
|
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
|
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi serta
membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
|
|
4. Estetika
|
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan
sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan
dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni
mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga
mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan
sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
|
|
5. Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
|
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada
SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan
sportivitas dan kedaran hidup sehat.
|
Adapun pengelompokan mata pelajaran selengkapnya sebagi berikut :
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia meliputi Pendidikan Agama
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian meliputi
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi meliputi Bahasa
Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan
Sosial, Ketrampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
4. Kelompok mata pelajaran estetika meliputi Seni Budaya dan Bahasa Jawa
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan meliputi
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjas Orkes).
Struktur
Kurikulum SMP PGRI 1 Buayan :
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
|
2. Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|
3. Bahasa Indonesia
|
5**)
|
5**)
|
5**)
|
|
4. Bahasa Inggris
|
5**)
|
5**)
|
5**)
|
|
5. Matematika
|
5**)
|
5**)
|
5**)
|
|
6. Ilmu Pengetahuan Alam
|
5**)
|
5**)
|
5**)
|
|
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
|
8. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
|
9. Pendidikan Jasmani,Olah
raga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
|
10. Teknologi Informasi
dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
|
B. Muatan Lokal
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
|
Jumlah
|
36
|
36
|
36
|
Keterangan :
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
5**) Tambahan
1 jam dari 4 menjadi 5
Penambahan masing-masing
satu jam pelajaran untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta dua jam pelajaran untuk matematika digunakan
untuk memberi kesempatan pemahaman lebih dalam terhadap materi yang ada, bukan
untuk menambah materi baru.
B. MUATAN
KURIKULUM
1. Muatan
Pelajaran
a.
Pendidikan Agama
Meliputi :
Agama Islam, Kristen, Katholik,
Hindu dan Budha mengingat kondisi sosial masyarakat di lingkungan sekitar
sekolah.
Tujuan : Memberikan wawasan luas
terhadap keberagaman agama islam
di Indonesia.
Meningkatkan keimanan dan
ketaqwaan siswa sesuai agamanya.
b.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
Tujuan :
Memberikan pemahaman
terhadap siswa tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dan pentingnya
penanaman rasa persatuan dan kesatuan.
c.
Bahasa Indonesia
Tujuan :
Membina keterampilan
berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa sebagai alat
komunikasi dan sarana pemahaman terhadap IPTEK
d.
Bahasa Inggris
Tujuan :
Membina keterampilan
berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi
perkembangan IPTEK dan menyongsong era globalisasi.
e.
Matematika
Tujuan :
Memberikan pemahaman logika
dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK.
f.
Ilmu Pengetahuan Alam
Meliputi : Fisika, Biologi
dan Kimia
Tujuan :
Memberikan pengetahuan dan
ketrampilan kepada siswa untuk menguasai dasar – dasar sains dalam rangka
penguasaan IPTEK.
g.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Meliputi : Sejarah, Ekonomi,
dan Geografi.
Tujuan :
Memberikan pengetahuan
sosial kultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat
serta memiliki ketrampilan hidup secara mandiri.
h.
Seni Budaya
Meliputi : Seni Rupa, Seni
Musik, Seni Tari, Seni Teater.
Tujuan : Mengembangkan apresiasi
seni, daya kreasi dan kecintaan
pada seni budaya nasional
i.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan :
Menanamkan kebiasaan hidup
sehat, meningkatkan kebugaran dan ketrampilan dalam bidang olahraga, menanamkan
rasa sportifitas, tanggung jawab disiplin dan percaya diri pada siswa.
j.
Keterampilan/Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Meliputi : Elektronika,
Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Tujuan:
Memberikan ketrampilan di
bidang Teknologi Informatika dan keterampilan Elektronika yang sesuai dengan
bakat dan minat siswa
2. Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk
keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata
pelajaran lain dan/atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran
tersendiri.
Berdasarkan SK Gubernur Jawa Tengah Nomor
895.5/01/2005 tanggal 23 Februari 2005 Tentang Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa
Jawa Tahun 2004 untuk jenjang pendidikan SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs dan
SMA/SMALB/SMK/MA Negeri dan Swasta sebagai Mulok Wajib di Provinsi Jawa Tengah
adalah Bahasa Jawa Sekolah diberi keleluasaan untuk menambah mulok lain selama
tidak melebihi beban belajar maksimal.
Muatan Lokal : Bahasa Jawa.
Tujuan :
Untuk mengembangkan kompetensi berbahasa jawa,
melestarikan bahasa jawa serta sebagai upaya mempertahankan nilai – nilai
budaya Jawa Tengah.
3. Kegiatan
Pengembangan diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan
memberikan kesempatan kepada pserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta
didik sesuai dengan kondisi sekolah.
a. Kegiatan Pelayanan Konseling
Melayani :
1) Masalah kesulitan belajar siswa
2) Pengembangan karir siswa
3) Pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi
4) Masalah dalam kehidupan social siswa
b. Kepramukaan
1) Sebagai wahana siswa untuk berlatih berorganisasi
2) Melatih siswa untuk trampil dan mandiri
3) Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
4) Memiliki jadwal sosial dan peduli kepada orang lain
5) Memiliki sikap kerjasama kelompok
6) Dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat
c.
Olah Raga Prestasi
Tujuan :
Memfasilitasi dan membimbing
siswa yang berbakat olaraga terutama sepak bola, bola volley, tenis meja serta
bulu tangkis agar dapat berkembang dan memiliki prestasi yang diharapkan.
d.
Bimbingan
Belajar
Tujuan:
Membekali siswa kelas IX
dalam menghadapi Ujian Nasional agar memiliki kemampuan memahami dan
menyelesaikan soal-soal ujian secara tepat, cepat dan mandiri.
e.
Upacara Bendera
Dilaksanakan setiap hari
Senin jam pertama dan pada hari besar Nasional.
Tujuan :
Menanamkan kedisiplinan,
ketertiban dan rasa cinta bangsa dan tanah air.
f.
Senam Kesegaran Jasmani
Dilaksankan pada tiap hari
Sabtu jam pertama.
Tujuan :
Membantu perkembangan
jasmani siswa, memelihara dan kesehatan siswa.
g.
Kegiatan Keagamaan
Tujuan :
Meningkatkan Iman, Ilmu, Amal dan Akhlak.
a) Shalat Dhuhur berjama’ah
b) Gerakan Amal Shaleh Siswa (GASS)
c) Pengajian Kelas (secara bergilir)
d) Memperingati hari-hari besar Agama Islam
e) Mengadakan Pesantren Ramadhan
f) Tadarus Surat Yassin setiap hari Jum’at pagi.
h. Seni Drumband
Tujuan :
Mengembangkan apresiasi dan daya kreasi seni.
Mekanisme Pelaksanaan :
a) Kegiatan Pengembangan diri diberikan di luar jam pembelajaran
(ekstrakurikuler) dibina oleh guru guru yang memiliki kualifikasi yang baik
berdasarkan surat keputusan Kepala Sekolah.
b) Jadwal Kegiatan :
No
|
Nama Kegaiatan
|
Hari
|
Keterangan
|
|
1.
|
Pelayanan Konseling
|
Sabtu(jam terakhir)
|
Kelas VII, VIII, IX
|
|
2.
|
Kepramukaan
|
Sabtu Siang
|
Kelas VII
|
|
3.
|
Olahraga Prestasi
|
Selasa dan Kamis Siang
|
Kelas VIII,IX
|
|
4.
|
Bimbingan Belajar
|
Senin,Rabu,Sabtu siang
|
Kelas IX
|
|
5.
|
Drumband
|
Sabtu siang
|
Kelas VII dan Kelas VIII
|
c) Alokasi Waktu
Untuk kelas 7 dan kelas 8 diberikan 2 jam pelajaran (equiv. 2x40 menit)
Untuk kelas 9 diberi kegiatan Bimbingan Belajar
secara intensif untuk persiapan UN.
d) Penilaiaan :
Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan
secara berkala kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk kualitatif :
Kategori
|
Keterangan
|
|
A
|
Sangat Baik
|
|
B
|
Baik
|
|
C
|
Cukup
|
|
D
|
Kurang
|
*)
2 jam pelajaran untuk pengembangan diri dilaksanakan diluar jam tatap muka
(ekstrakurikuler pada hari Sabtu)
4. Pengaturan
Beban Mengajar
Beban belajar menggunakan
sistim paket dengan beban belajar maksimal 38 jam pelajaran per minggu. Satu
jam pelajaran 40 menit, dengan rincian sebagai berikut :
Kelas
|
Satu jam pembelajaran tatap muka/menit
|
Jumlah jam pembelajaran per Minggu
|
Minggu efektif Per Tahun Ajaran
|
Waktu pembelajaran/jam per Tahun
|
|
VII
|
40
|
36
|
35
|
1260
|
|
VIII
|
40
|
36
|
35
|
1260
|
|
IX
|
40
|
36
|
35
|
1225
|
5. Ketuntasan
Belajar
Ketuntasan belajar setiap
mata pelajaran ditentukan oleh kelompok guru mata pelajaran dengan mempertimbangkan
materi kompleksitas, intake siswa, dan daya dukung dalam penyelenggaraan
pembelajaran.
Berdasarkan pertimbangan
tersebut ditentukan ketuntasan belajar untuk setiap mata pelajaran sebagai
berikut :
- REKAP
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SMP PGRI 1 BUAYAN
No.
|
Mata
Pelajaran
|
KKM
|
|
1.
|
Pendidikan Agama
|
7,5
|
|
2.
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
7,5
|
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
7,2
|
|
4.
|
Bahasa Inggris
|
7,0
|
|
5.
|
Matematika
|
7,0
|
|
6.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
7,0
|
|
7.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
7,5
|
|
8.
|
Seni Budaya
|
8,0
|
|
9.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
7,8
|
|
10.
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
7,5
|
|
11.
|
Bahasa Jawa
|
7,5
|
Peserta
didik yang belum mencapai ketuntasan belajar seperti tersebut di atas, wajib
mengikuti program perbaikan (remedial teaching) sampai mencapai ketuntasan
belajar yang diisyaratkan. Bagi siswa yang telah mencapai di atas ketuntasan belajar
dapat diberikan program pengayaan.
6.
Kenaikan Kelas
Kenaikan
kelas dilaksankan pada setiap akhir tahun. Kriteria kenaikan kelas diatur
sebagai berikut.
a. Siswa
dinyatakan naik kelas bila telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
b. Siswa dinyatakan
naik kelas bila tidak memiliki nilai di bawah KKM lebih dari 3 mata pelajaran.
c. Memiliki nilai
minimal B (baik) untuk aspek kepribadian, kelakuan dan kerajianan pada semester
yang diikuti.
d. Nilai
pelanggaran selama satu tahun pelajaran belum mencapai 75.
7.
Kriteria Kelulusan
Kelulusan dilaksankan pada akhir tahun pelajaran untuk
kelas IX. Seorang peserta didik dinyatakan lulus jika :
a. Telah
menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b. Memperoleh
nilai minimal baik pada penilaiaan akhir untuk seluruh kelompok mata pelajaran.
1) Agama dan Akhlak Mulia
2) Kewarganegaraan dan Kepribadian
3) Estetika
4) Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
c. Lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan
teknologi, dengan ketentuan nilai minimal sama dengan nilai SKBM
d. Nilai rata-rata seluruh mata pelajaran yang diujikan minimal 6,0
e. Lulus Ujian Nasional